Online 16 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Mengunjungi Salu Sitammu Dan Bertemu Kembang Desa

Mengunjungi Salu Sitammu Dan Bertemu Kembang Desa Cetak
oleh Muhammad Abrar   
Sabtu, 09 Desember 2017 08:34 | Tampil : 330 kali.

Permandian Salu Sitammu yang unik dan indah ini terletak di Desa Batetangnga, Dusun Passembarang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Untuk mencapai lokasinya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua. Dari area parkir kendaraan terakhir, bisa diakses dengan berjalan kaki sejauh 200 meter melalui jalan kecil yang elok dan mutlak melalui perkebunan kakao. Bertolak dari kawasan kota polewali Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju jalan yang searah dengan wisata permandian Kanang, jaraknya sekitar 7 km dari Kota Polewali, dengan bantuan pnunjuk jalan berupa pamflet di tepi jalan poros yang menunjukkan arah menuju tempat wisata Biru. Pengunjung harus mengambil ke arah kiri dan mengikuti jalan kecil sampai ke sebuah masjid pertama di desa Batetangnga, tepat di depan mesjid Anda akan menjumpai pertigaan, lalu berbeloklah ke kanan sampai ke ujung jalan dekat pemukiman penduduk, lalu berjalanlah ke lokasi yang jaraknya sekitar 200 meter, maka Anda akan sampai ke lokasi utama permandian Salu Sitammu.

permandian-salu-sitammu-polman

Permandian Salu Sitammu di dusun Passembarang desa Batetangnga, kecamatan Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Abrar)

Fantastis memang karena Uai Sitammu memiliki 4 aliran air yang berjejer dan jarak antara masing-masing alirannya sekitar 3 - 4 meter. Diatasnya terdapat 2 anak sungai yang bertemu, salah satunya adalah aliran langsung dari sungai Biru.

permandian-salu-sitammu-polman

Permandian Salu Sitammu di dusun Passembarang desa Batetangnga, kecamatan Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Abrar)

Mengapa dinamakan Uai/Salu Sitammu ? Karena ia adalah tempat bertemunya kedua aliran sungai, dan dalam bahasa daerah setempat (Pattae) "Sitammu" berarti "bertemu". Selayaknya lokasi wisata alam di Polman lainnya yang senantiasa terjaga kealamiannya, objek wisata ini pun tampak masih begitu asri, alami dan cantik pertanda belum banyaknya tangan-tangan manusia yang menjamahnya. Kealamian permandian ini juga bisa jadi diakibatkan oleh masih belum terlalu banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini karena lokasinya yang agak terpencil dan tersembunyi. Makanya, tak banyak “orang luar” yang tahu tentang keberadaannya. Selain menawarkan panorama keindahan dan eksotisme permandian alam, di tempat ini terdapat puluhan jenis kupu-kupu yang banyak menghibur perjalanan kami.

permandian-salu-sitammu-polewali-mandar

Permandian Salu Sitammu di dusun Passembarang desa Batetangnga, kecamatan Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Abrar)

Satu lagi yang membuat tempat ini begitu istimewa menurut saya, bila sore tiba mata anda akan di manjakan dengan kembang desa yang membersihkan diri di permandian ini.

permandian-salu-sitammu-batetangnga-polman

Permandian Salu Sitammu di dusun Passembarang desa Batetangnga, kecamatan Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Abrar)

Sampai di lokasi Permandian Uai Sitamu ini dijamin Anda akan dibuat terpukau akan keindahannya. Panorama alam yang indah ditambah udara sejuk di sekitar permandian akan menambah suasana menjadi indah dan romantis. Di titik wisata ini Anda juga bisa bermain-main dengan teman atau keluarga. Duduk-duduk di batu sambil mandi dan berenang, atau bisa juga bermain di kolamnya. Pastikan Anda berhati-hati saat berada di sekitarnya  atau berjalan di antara bebatuan, karena bebatuan di sini cukup licin. Pastinya liburan Anda akan terasa asik jika mengabadikannya dalam sebuah foto atau rekaman video selama berada di Salu/ Uai Sitammu.


Penulis :

muhammad abrarMuhammad Abrar , lahir dan dibesarkan di kecamatan Wonomulyo  kabupaten Polewali Mandar, saat ini tinggal di tempat yang sama. Memiliki hobi menggambar sketsa, mencintai dunia travelling dan wisata. 

Kontak Saya

facebook :  https://www.facebook.com/abrar.stillown

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018